Pengertian Hewan

Pengertian Wereng

Wereng adalah serangga sebesar butri beras sebagai hama tanamanpadi, daya sebarnya kuat dan sangat ganas, sulit diberantas karena bertengger di panggal daun padi. Serangga ini penghisap tumbuhan anggota Ordo Hemiptera (Kepik Sejati), Subordo Fulgoromorpha, khusunya yang berukuran kecil.

Tonggeret pernah digolongkan sebagai wereng (di bawah subordo Auchenorrhyncha) namun sekarang telah dipisah secara taksonomi. Karena ekslusif hidup dari tumbuhan, sejumlah anggotanya menjadi hama penting dalam budidaya tanaman. Selain sebagai pemakan langsung, Wereng juga menjadi Vektor bagi penularan sejumlah penyakit tumbuhan penting, khususnya dari kelompok virus.

Jenis Wereng
Wereng ada beberapa jenis yaitu:
1. Wereng Coklat (Nephotettix spp) binatang kecil berwana cokelat yang menyerang dan memusnahkan buah padi yang baru mulai muncul, berdaya biak tinggi, daur hidupnya pende, daya sebarnya cepat, dan daya serangnya ganas.

2. Wereng Hijau (Nilaparvata Lugens)sebesar beras, biasa menetas pada pelepah daun padi dan akan menetas dalam 6 hari kemudian, menyukai cairan daun yang mengakibakan pengeringan daun itu.

3. Wereng Punggung Putih (Sogtella Furcifera), wereng yang tubuhnya lebih kecil dari bulir padi, sering menghisap batang padi, jagung, dan rumput-rumputan.<a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Wereng">Sumber</a>

Categories:

One Response so far.

Leave a Reply